Rabu, 19 Juni 2013

Trik menangani CWM Recovery tablet Efioo

Untuk yang suka utak atik tablet efioo, sering bingung ketika akan melakukan flashing melalui CWM, karena tiba tiba CWM menghilang tanpa sebab,hanya bergambar robot android dengan perut terbuka bergambar kalkulator serta simbol tanda peringatan berwarna merah.



Kasus ini sama seperti yang saya alami ketika menggunakan tablet efioo e1i. Berulang kali saya tekan volume up lalu pres tombol power lama, tetap tidak membantu. Padahal saya berencana akan mengganti ROM efioo bawaan pabrik dengan Custom ROM yang lebih mumpuni.
Biasanya kita akhirnya mengulang lagi dengan mematikan paksa tablet lalu melakukan pressing volume up dan power on kembali, tetapi kenapa tidak juga terlihat CWM nya ?

INILAH PENGALAMAN AJAIBNYA
Hasil experience saya begini , Nyalakan tablet secara normal saja, biarkan sampai masuk ke menu pada umumnya. Lalu, uninstal aplikasi yang sepertinya jarang dipakai atau sama sekali tidak pernah digunakan. Upayakan agar free space storage system lebih dari 50%, lalu free space internal storage tablet  ( bukan mmc/ sdcard) 60%. Jika kita belum punya backup apk aplikasi yang akan diuninstal sebaiknya diback up dulu dengan aplikasi backup apk buatan Norton. Sebaiknya uninstal permanen saja aplikasi 3d chainfire jika terinstal, karena aplikasi ini sangat tidak cocok untuk tablet efioo.
Bersihkan cache dan history browser tablet, bisa dengan RAM optimizer atau SMART Booster, atau aplikasi clean memory lainnya ( yang mumpuni untuk operating android tablet kita).
Lalu Matikan tablet secara normal dengan menu power shutdown bawaan ROM tablet. Tunggu beberapa saat , lalu nyalakan lagi, dan biarkan secara normal hingga tablet masuk menu seperti biasanya.
Diamkan selama kurang lebih 1 menit untuk memastikan semua aplikasi system telah stand by dengan sempurna. Setelah itu matikan kembali tablet kita, dan disinilah saatnya kita harap-harap cemas.

Tekan tombol volume up, lalu tekan tombol power, tekan terus hingga masuk ke CWM yang ditandai dengan munculnya gambar android seperti diatas.
Jika sukses maka tampilan CWM tablet efioo akan muncul, sepeti gambar dibawah ini



Jika tampilan CWM tidak muncul, maka jangan khawatir, masih ada kesempatan. Coba tekan tombol volume up dan volume down bergantian dan bertahap, biasanya CWM sering bisa muncul dengan cara ini, dan kita bisa mengeksekusi file flashing.
Selamat Mencoba

2 komentar:

  1. gimana gan cara nge root tablet efioonya??

    BalasHapus
  2. om saya punya tablet pc e3 di hidupkan mentok di gambar robot diam berdiri .. bagaimana caranya memperbaikinya ? trimakasih

    BalasHapus